PENGERTIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pengertian Manajemen Pendidikan
bidang pendidikan juga tidak terlepas dari peran ilmu manajemen. penyelenggaraan pendidikan harus dikelolah, diatur, dan diorganisasikan sedemikian rupa, agar dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, bangsa, dan negara. Guna mencapai hal tersebut, lembaga pendidikan memerlukan manajemen pendidikan. manajemen pendidikan terdiri dari dua kata, yakni Manajemen dan Pendidikan. Berikut ini akan diuraikan tentang pengertian manajemen, dan manajemen pendidikan yang berkualitas.
bidang pendidikan juga tidak terlepas dari peran ilmu manajemen. penyelenggaraan pendidikan harus dikelolah, diatur, dan diorganisasikan sedemikian rupa, agar dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, bangsa, dan negara. Guna mencapai hal tersebut, lembaga pendidikan memerlukan manajemen pendidikan. manajemen pendidikan terdiri dari dua kata, yakni Manajemen dan Pendidikan. Berikut ini akan diuraikan tentang pengertian manajemen, dan manajemen pendidikan yang berkualitas.
a. Manajemen
Store (1995) menyatakan manajeman adalah suatu proses perencanaan, perorganisasian,
pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan
berbagai sumber daya organisasi lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang
diinginkan.
Store (1995) menyatakan manajeman adalah suatu proses perencanaan, perorganisasian,
pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan
berbagai sumber daya organisasi lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang
diinginkan.
b. Pendidikan
Pendidikan dalam arti sempit dikemukakan oleh Langeveld, yang menyatakn pendidikan
adalah bimbingan yang diberikan leh orang dewasa kepada anak yang belum belum
dewasa untuk mencapai kedewasaannya (Sadulloh, 2011:54). Sedangkan pendidikan
dalam arti luar dikemukakan oleh Henderson, yang menyatan pendidikan adalah suatu
proses pertumbuhan dan perkembangan, sebagai hasil interaksi individu dengan
lingkungan sosial dan lingkungan fisik, berlangsung sepanjang hayat sejak manusia lahir
(Sadulloh, 2011:55).
Pendidikan dalam arti sempit dikemukakan oleh Langeveld, yang menyatakn pendidikan
adalah bimbingan yang diberikan leh orang dewasa kepada anak yang belum belum
dewasa untuk mencapai kedewasaannya (Sadulloh, 2011:54). Sedangkan pendidikan
dalam arti luar dikemukakan oleh Henderson, yang menyatan pendidikan adalah suatu
proses pertumbuhan dan perkembangan, sebagai hasil interaksi individu dengan
lingkungan sosial dan lingkungan fisik, berlangsung sepanjang hayat sejak manusia lahir
(Sadulloh, 2011:55).
c. Manajemen pendidikan
Manajemen pendidikan adalah segara sesuatu bersama untuk mendayagunakan semua
sumber (manusia dan non manusia) secara efektif dan efisien, guna untuk mencapai tujuan
pendidikan yang telah ditetapkan. Manajemen pendidikan adalah suatu proses keseluruhan
semua kegiatan bersama dalam bidang pendidikan dengan memanfaatkan semua fasilitas
yang telah tersedia, baik personal, meterial, maupun spiritual untuk mencapai tujuan
mendidikan
Sekolah dengan berbagai aktivitas dan kegiatannya dalam rangka mencapai tujuan
pendidikan sekolah, memeruka manajemen yang handal. Manajemen sekolah adalah
upaya pengatur dan pendayagunakan segenap sumber daya sekolah (manusia, dana, sarana
dan prasarana, dan lingkungan) secara efektif dan efisien dalam penyelenggaraan
pendidikan agar tujuan pendidikan sekolah tercapai secara optimal (efektif dan efisien).
Manajemen pendidikan memiliki peran dan tanggu jawab akan hal tersebut. Substansi
manajemen pedidikan meliputi :
Manajemen pendidikan adalah segara sesuatu bersama untuk mendayagunakan semua
sumber (manusia dan non manusia) secara efektif dan efisien, guna untuk mencapai tujuan
pendidikan yang telah ditetapkan. Manajemen pendidikan adalah suatu proses keseluruhan
semua kegiatan bersama dalam bidang pendidikan dengan memanfaatkan semua fasilitas
yang telah tersedia, baik personal, meterial, maupun spiritual untuk mencapai tujuan
mendidikan
Sekolah dengan berbagai aktivitas dan kegiatannya dalam rangka mencapai tujuan
pendidikan sekolah, memeruka manajemen yang handal. Manajemen sekolah adalah
upaya pengatur dan pendayagunakan segenap sumber daya sekolah (manusia, dana, sarana
dan prasarana, dan lingkungan) secara efektif dan efisien dalam penyelenggaraan
pendidikan agar tujuan pendidikan sekolah tercapai secara optimal (efektif dan efisien).
Manajemen pendidikan memiliki peran dan tanggu jawab akan hal tersebut. Substansi
manajemen pedidikan meliputi :
a. Manajemen peserta didik
b. Manajemen kurikulum dan pembelajaran
c. Manajemen sumber daya manusia pendidikan
d. Manajemen sarana dan prasarana pendidikan
e. Manajemen sekolah
f. Manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat
Keenam bidang garapan manajemen pendidikan tersebut harus dikelola oleh sekolah dengan baik dan semuanya saling terkait dan saling pengaruh mempengaruhi proses kompetensi tenaga pendidik yang sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang udah ada di negara indosesia. Manajem pendidikan ini merupakan manajemen sekolah dengan upaya mengatur.
sekian dari tulisan ini, dan terimakasih sudah mampir di blog ini.